Pages

About

Selasa, 30 Oktober 2012

Kelas Persiapan KAA GIA Kopo Permai Minggu ke 2


KELAS PERSIAPAN KAA Minggu ke-2 (Oktober)
TEMA : “Aku Percaya akan janji-Mu”                                                                 (Yosua 24:1-25)
Tujuan : “Anak Sekolah Minggu percaya pada janji Tuhan”

Latar Belakang

Pidato perpisahan merupakan sebuah kesempatan terbaik untuk menyampaikan pesan-pesan yang paling penting. Demikian pula pidato perpisahan Yosua dengan umat Israel. Yosua menyadari bahwa waktunya bersama-sama mereka tidaklah lama lagi. Tentu Yosua ingin agar pesan-pesannya kepada mereka dapat memberi dampak penting bagi kehidupan mereka di masa mendatang. Apa yang Yosua pesankan kepada mereka?
Yosua tidak berpesan agar mereka belajar berperang dengan baik sehingga negeri mereka aman dari serangan musuh. Yosua juga tidak berpesan agar mereka belajar bertani atau beternak sehingga mereka hidup dalam kemakmuran. Yosua jutsru mendorong mereka untuk setia beribadah kepada Tuhan. Inilah hal terpenting yang tidak boleh mereka lupakan seumur hidup mereka.

Tafsiran Konteks
Yosua telah menyelesaikan tugasnya dan telah lanjut usia (Yos 23:1). Sekarang telah tiba waktunya bagi Yosua untuk mengucapkan kata-kata perpisahan dengan umat Israel yang dipimpinnya. Yosua mengumpulkan semua suku Israel, juga para tua-tua dan para kepalanya, para hakim dan para pengatur pasukannya. Pada saat-saat yang sangat penting ini, apa yang akan Yosua sampaikan kepada mereka?
1. Ay. 1-3. Mereka berkumpul dan ”berdiri di hadapan Allah” (ay.1). Menurut Anda, apa artinya? Mengapa Yosua mengingatkan mereka kepada Abraham, nenek moyang mereka?
2. Ay. 14-15. Bagaimana seharusnya mereka beribadah kepada Tuhan? Bagaimana Yosua mendorong mereka agar setia beribadah kepada-Nya? 
3. Ay. 16-18. Komitmen apa yang dibuat oleh orang Israel? Apa yang mendorong mereka mengambil komitmen ini?
4. Ay. 19-23. Menanggapi komitmen mereka, Yosua justru mengungkapkan kesulitan yang akan mereka hadapi. Menurut Anda, mengapa? Bagaimana mereka menanggapi tantangan Yosua ini?
5. Ay. 24-25. Dengan cara apakah mereka meneguhkan komitmen mereka? Mengapa hal tersebut perlu dilakukan?

Aplikasi:
Bagaimanakah cara Yosua mendorong kesetiaan ibadah mereka kepada Tuhan?
1.       Yosua mengingatkan kepada mereka terhadap kesetiaan Tuhan yang telah memanggil Abraham untuk beribadah kepada-Nya dan mengerjakan rencana-Nya.
2.      Yosua menempatkan dirinya dan keluarganya sendiri sebagai contoh nyata bagi mereka.
3.      Yosua menantang mereka mengambil komitmen untuk tetap setia kepada Tuhan. Yosua bahkan mengingatkan bahwa berlaku setia kepada Tuhan bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar