Pages

About

Jumat, 22 Juni 2012

contoh RPP Mata Pelajaran Agama Kristen


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A.    Identitas
Nama Sekolah                       : SMP Kristen Kidung Agung
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Kristen
Kelas, Semester                     : XII / 1
Standar Kompetensi             :
Merespon nilai-nilai kristiani yang dihadapkan dengan gaya hidup modern serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar                 :
Mewujudkan nilai-nilai kristiani di dalam menghadapi gaya hidup yang modern.
Indikator                                :
§  Menjelaskan apa saja bentuk nilai-nilai kristiani didalam Alkitab.
§  Mengidentifikasi bentuk-bentuk gaya hidup modern dizaman sekarang ini.
§  Menganalisa beberapa gaya hidup modern berdasarkan nilai-nilai kristiani.
§  Mewujudkan sikap yang baik dan benar menurut Alkitab di dalam menghadapi gaya hidup yang modern.
Alokasi Waktu                       : 8 x 45 menit (4 kali pertemuan)
B.     Tujuan Pembelajaran      :
1.      Siswa diharapkan mampu menjelaskan bentuk-bentuk nilai kekristenan didalam Alkitab.
2.      Siswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian gaya hidup yang modern.
3.      Siswa diharapkan mampu mengindentifikasikan bentuk-bentuk gaya hidup modern.
4.      Siswa diharapkan mampu menjelaskan ciri-ciri kehidupan masyarakat modern.
5.      Siswa diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai kristiani didalam kehidupan yang semakin modern.
C.    Materi Pembelajaran       :
a.       Bentuk-bentuk nilai kekristenan di dalam Alkitab.
b.      Model-model gaya hidup yang dilakukan masyarakat modern.
c.       Contoh-contoh tindakan kekristenan yang mencerminkan hidup yang baik dan benar di dalam zaman yang modern.
D.    Metode Pembelajaran      :
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Demonstrasi
E.     Kegiatan Pembelajaran   :
A.    Pertemuan I 
1.      Kegiatan Awal (15 Menit)
Ø  Guru menyuruh salah seorang murid untuk berdoa.
Ø  Guru mengajak murid untuk membaca ayat-ayat Alkitab yang berhubungan dengan materi pembelajaran.
Ø  Guru memberikan suatu kasus atau masalah yang akan didiskusikan kepada siswa
2.      Kegiatan Inti (45 Menit)
Ø  Guru memberikan penjelasan tentang bentuk-bentuk nilai kekristenan didalam Alkitab.
Ø  Menjelaskan model kehidupan yang berdasarkan nilai-nilai kekristenan. 
Ø  Peserta didik membentuk kelompok kecil untuk mendiskusikan suatu masalah. yang diberikan oleh guru tentang nilai-nilai kristianai apa saja yang terdapat dalam Alkitab.
3.      Kegiatan Akhir (30 Menit)
Ø  Guru memberikan kesempatan kepada kelompok kecil untuk mempersentasikannya.
Ø  Guru memberikan sesi Tanya jawab dan tes lisan mengenai diskusi yang telah dibahas.
Ø  Guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dibahas dan didiskusikan oleh siswa.
Ø  Berdoa bersama yang dipimpin oleh ketua kelas.
B.     Pertemuan II
1.      Kegiatan Awal (15 Menit)
Ø  Guru menyuruh salah seorang murid untuk berdoa.
Ø  Guru mengajak murid untuk menyanyikan sebuah lagu yang sesuai dengan materi yang akan dibahas.
Ø  Guru memberikan pertanyaan tentang pejaran yang telah dibahas kemarin.

2.      Kegiatan Inti (45 Menit)
Ø  Guru mendemonstrasikan gaya atau model kehidupan modern dengan menggunakan alat peraga.
Ø  Guru menjelaskan pengertian gaya hidup yang modern di era globalisasi.
Ø  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan kehidupan modern yang sudah trend di era globalisasi.
3.      Kegiatan Penutup (30 Menit)
Ø  Guru memberi kesempatan bertanya kepada murid dalam sesi Tanya jawab.
Ø  Guru memberikan tugas rumah kepada siswa untuk mencari bahan tentang kehidupan modern yang dilakukan orang-orang saat ini di Koran, majalah dan berbagai sumber lainnya.
Ø  Berdoa bersama yang dipimpin oleh peserta didik.
C.    Pertemuan III
1.      Kegiatan Awal (15 menit)
Ø  Guru menyuruh salah seorang murid untuk berdoa
Ø  Guru menanyakan kepada siswa tentang pengertian nilai-nilai kekristenan dalam Alkitab dan bentuk-bentuk kehidupan modern yang telah dibahas menurut pengertian mereka.
Ø  Meminta peserta didik untuk mengumpulkan tugas hasil karyanya.
2.      Kegiatan Inti (50 Menit)
Ø  Guru menjelaskan secara ringkas tentang kehidupan yang modern yang berdasarkan nilai-nilai kristiani dengan menggunakan alat peraga yaitu LCD dan gambar-gambar.
Ø  Guru membagi kelompok diskusi kepada siswa untuk mendiskusikan hasil karya yang telah dibuat kemudian guru memberikan suatu masalah yang akan didiskusikan oleh siswa tentang gaya hidup modern berdasarkan nilai-nilai kristiani yang telah dipelajari.
Ø  Guru menyuruh setiap kelompok untuk mempersentasikannya didepan kelas disertai dengan sesi Tanya jawab untuk menggali pengetahuannya tentang materi.
3.      Kegiatan Penutup (25 Menit)
Ø  Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa tentang hal-hal yang telah didiskusikan.
Ø  Guru menyimpulkan kembali bahan-bahan yang telah didiskusikan oleh siswa.
Ø  Berdoa bersama yang dipimpin oleh guru.
D.    Pertemuan IV
1.      Kegiatan Awal (15 Menit)
Ø  Guru menyuruh salah seorang murid untuk berdoa.
Ø  Guru mengajak siswa untuk bernyanyi sesuai dengan materi yang akan dipelajari.
Ø  Guru menanyakan materi yang telah dibahas minggu lalu.
2.      Kegiatan Inti (50 Menit)
Ø  Guru menjelaskan wujud sikap yang baik dan benar menurut Alkitab di dalam menghadapi gaya hidup yang modern.
Ø  Guru mengajak siswa untuk membentuk kelompok untuk membuat peragaan atau demonstrasi yang mencerminkan wujud sikap yang baik dan benar menurut Alkitab didalam menghadapi gaya hidup yang modern.
Ø  Mengadakan Tanya jawab antar siswa utuk menggali pengetahuannya tentang materi.
3.      Kegiatan Penutup (25 Menit)
Ø  Guru memberikan pertanyaan lisan untuk mengetahui apakah kompetensi telah tercapai atau belum.
Ø  Guru mengajak siswa untuk menyanyikan sebuah lagu pujian yang berhubungan dengan materi.
Ø  Berdoa bersama yang dipimpin oleh guru.
F.     Sumber Belajar                 :
Ø  Alkitab
Ø  Buku pegangan siswa
Ø  Alat peraga : LCD, Gambar-Gambar, Koran dan majalah-majalah
G.    Penilaian                            :
A.    Interasksi Siswa di dalam Kelas
B.     Teknik             : Diskusi, Presentasi, Tanya jawab dan tes lisan.
C.     Bentuk Instrumen : Uraian
D.    Soal :
1.      Coba jelaskan bentuk-bentuk nilai kekristenan yang sesuai dengan Alkitabiah?
2.      Menurut kalian, apakah yang dimaksud dengan gaya hidup yang modern?
3.      Coba sebutkan 3 bentuk-bentuk yang merupakan gaya hidup yang modern?
4.      Coba sebutkan nilai-nilai positif dari gaya hidup yang modern yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai kristiani dalam Alkitab, berikan contohnya?
Jawaban
1.      Bentuk-bentuk nilai kristiani yang sesuai Alkitab ialah Saling Menolong, Menerapakan Kasih Kristus, dan menjadi terang dan garam dunia, serta menjadi berkat bagi banyak orang.
2.      Gaya hidup yang modern adalah pola terbaru tingkah laku sehari-hari segolong dengan manusia yang sesuai dengan tuntutan zaman, terbuka pada perkembangan zaman yang terus berkembang atau terus menerus belajar karena dunia yang terus menerus berkembang.
3.      Mengikuti pola zaman, kadang-kadang bersifat egoistis, dan keinginan yang terus disertai dengab kenmajuan zaman.
4.      Penghargaan terhadap waktu, kerja keras, penghargaan terhadap prestasi, peningkatan produktivitas, dan keterbukaan terhadap sesuatu yang baru yang belum kita kenal.

Mengetahui                                                                             Bandung, 27 Agustus 2009
Kepala SMP K Kidung Agung                                                   Guru Mata Pelajaran

Yudha Nata Saputra, S.Pd, M                                                                   Denny Sitompul
NIP . 987654321                                                                            NIP. 1234566789

Tidak ada komentar:

Posting Komentar