Pages

About

Selasa, 30 Oktober 2012

Kelas Persiapan KAA GIA Kopo Permai Minggu ke 4


KELAS PERSIAPAN KAA Minggu ke-1 (November)
TEMA : “Berikan dukunganmu”                                                               (Kejadian 13:1-8)
Tujuan : “Agar Anak Sekolah Minggu tetap memberi dukungan di saat sulit”

Penjelasan Tokoh:
Siapakah Abraham:
ABRAHAM adalah keturunan Sem dan putra Terah. Leluhur bangsa Yahudi dan bangsa-bangsa lain. Imannya sangat teguh dan ia dikenal sebagai sahabat Allah. Dalam bahasa Oriental kuno, nama Abraham berarti "yang berasal dari seberang sungai", dalam bahasa Ibrani berarti "bapak dari jumlah manusia yang besar".
Asal Abraham:
Abraham berasal dari Ur, sebuah wilayah Kaldea atau Kasdim (Kej. 11:28,31; 15:7; neh. 9:7), di Mesopotamia (Kis. 7:2), terletak di tepi barat Sungai Efrat. Daerah ini juga disebut Hur oleh penduduk lokal, namun dalam monumen-monumen peninggalannya, lebih dikenal dengan sebutan Ur. Ur sebagai bangsa penyembah bulan dari kata kamar artinya “bulan”. Kata “Ur” sendiri berarti “api”, karena itu, Talmud menceritakan Abraham adalah seorang yang lolos dari nyala api saat hendak dicobloskan oleh Nimrod atau pemberi hukuman lainnya.
Siapakah Sarai:
Sarai atau Sara (sejak Kej 17:15 namanya diganti menjadi Sara) pertama kali diperkenalkan oleh penulis Kejadian pada pasal 11 (11:29) sebagai isteri Abaraham. Sarai adalah anak dari istri dari Terah (Bapaknya Abraham).

Siapakah Lot:
Lot adalah anak dari Haran, berarti keponakan Abraham.

Ayat:
13:1 Maka pergilah Abram dari Mesir ke Tanah Negeb dengan isterinya dan segala kepunyaannya, dan Lotpun bersama-sama dengan dia.  13:2 Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya. 13:2 Ia berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, dari Tanah Negeb sampai dekat Betel, di mana kemahnya mula-mula berdiri, antara Betel dan Ai, 13:4 ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN.  13:5 Juga Lot, yang ikutbersama-sama dengan Abram, mempunyai domba dan lembu dan kemah.13:6 Tetapi negeri itu tidak cukup luas bagi mereka untuk diam bersama-sama, sebab harta milik mereka amat banyak, sehingga mereka tidak dapat diam bersama-sama.  13:7 Karena itu terjadilah perkelahian antara para gembala Abram dan para gembala Lot. Waktu itu orang Kanaan dan orang Ferisdiam di negeri itu. 13:8 Maka berkatalah Abram kepada Lot: "Janganlah kiranya ada perkelahian antara aku dan engkau, dan antara para gembalaku dan para gembalamu, sebab kita ini kerabat.

Latar Belakang cerita Kejadian 13:1-8
Abraham bernama asli Abram. Ia adalah anak Terah ,berasal dari Ur-Kasdim.  Ia dan istrinya Sarai, Lot  (anak dari saudara laki-laki Abram, Haran), dan semua pengikutnya, kemudian pergi ke Kanaan. TUHAN memerintahkan Abram untuk pergi ke "negeri yang  akan Kutunjukkan kepadamu", dan berjanji untuk memberkatinya dan membuatnya bangsa yang besar. Karena percaya akan janji-Nya ini, Abram pergi ke Sikhem dan menerima janji baru bahwa negeri itu akan diberikan pada keturunannya. Setelah membangun sebuah Mezbah untuk memperingatiperjanjian ini, ia pergi dan memasang kemah di antara Betel dan Ai. di mana ia membangun sebuah  mezbah lagi dan "memanggil nama TUHAN."
Di sini ia tinggal untuk beberapa waktu, sampai ketika ada perselisihan antara gembala-gembalanya dan gembala-gembala Lot.  Abram mengusulkan pada  Lot bahwa  mereka berpisah,dan mengijinkan keponakannya untuk memilih lebih dahulu.  Lot  memilih tanah yang subur disebelah timur sungai Yordan. sementara Abram, setelah menerima janji lagi dari  TUHAN, pergi ke Mamre dekat Hebron dan  mendirikan mezbah lagi bagi TUHAN

Aplikasi Apakah yang dapat diambil dari Kisah Kejadian 13:1-8:
1.      Abraham memiliki sikap yang tidak terbawa oleh suasana. Artinya, Abraham tahu bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik dalam hidupnya sesuai dengan janji Allah. Sehingga ketika para ketika terjadi perseteruan dengan Lot, keponakan Abraham, ia tidak terbawa emosi dan menyelesaikan masalahnya dengan bijaksana yaitu meminta Lot untuk memilih bagian yang dia sukai. Lot memilih yang terlihat gembur dan subur.
2.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar