Pages

About

Jumat, 22 Juni 2012

Bahan Komsel Youth


Bahan Komsel Youth
                                                                                                Pelayanan
Team of Doulos
(Kolose 4:7-18)
Pendahuluan:
Doulos berarti orang yang berstatus hamba dan menjadi rekan sepelayanan dari tuan yang sama (manusia atau Allah). Paulus tidak melayani seorang diri kepada jemaat Kolose. Ia melayani dalam Tim pelayanan (regu, kelompok). Dalam pelayanan diperlukan kerjasama Team yang baik. Nah, Bagaimana mengembangkan tim pelayanan yang Ideal?
Diskusi/Sharing
Menurut anda, bagaimana kondisi persekutuan saudara dengan teman-teman satu tim pelayanan saudara, Jika dibandingkan dengan Paulus dan rekan sepelayanannya?
Baik, karena………………………………………………………………………..
Kurang Baik, karena……………………………………………………………….
Apa dasar persekutuan Rasul Paulus dengan teman-teman sepelayanannya?
1.      Adanya Kasih Persaudaraan diantara mereka.
2.      Kasih Yang saling menguatkan antara setiap para Pelayan Tuhan.
3.      Hidup Saling Mendoakan dalam pelayanan.
Apakah kita sudah melakukan dari ketiga sikap Paulus diatas? Ya Ato Tidak.........................
Apa Masalah Kita sehingga sulit untuk melakukannya???
1.      ..............................................................................................................
2.      ..............................................................................................................
3.      ..............................................................................................................
Penutup:
Kehidupan dalam kasih seperti Paulus ajarkan dalam pelayanannya akan memberikan dampak yang besar dan luar biasa ketika dalam menghadapi kesulitan dalam melayani. Pelayan yang berhasil ialah kita harus memiliki kasih persaudaraan, kasih yang menguatkan dalam kesaksian, dan Hidup saling mendoakan dalam Pelayanan kita semua. Apapun masalahnya dalam pelayanan, maka dengan cara itu kita pasti akan tetap berhasil dan menyenangkan hati Tuhan.
Ayat Hafalan:
                                                                      Galatia 6:10
“Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman”


Bahan Komsel Youth
                                                                                                Penginjilan
Melakukan Perintah kristus
(Matius 28:18-19)
Pendahuluan:
Ada banyak perintah yang diajarkan Tuhan Yesus di dalam Alkitab. Ada banyak nasehat, peringatan dan petunjuk yang Alkitab ingin dilakukan oleh setiap orang percaya, ada satu perintah yang sangat penting dan yang populer tapi kadang kita lupakan tuh, yakni Misi-Nya yaitu penginjilan.
Diskusi/Sharing
Menurut Kawan Youth , Kenapa Seh Pemuda sekarang kurang melakukan perintah Misi-Nya Tuhan?
Takut ahh, karena……………………………………………………………………….......................
Ga Dilakukan juga kan ga knape-nape, karena......................................................................................
Ga Gaul ahhh, Karena........................................................................................................................
Tapi Tuhan Bilang dalam Ayat ini adalah Tugasnya kita semua setiap orang yang percaya untuk melakukan penginjilan tuh!!!!
Jadi Gimana seh caranya kalo gtu penginjilan itu seh??
1.      Dalam Perbuatan kita lho, orang akan liat!!!
2.      Dalam Perkataan kita jugalah!!!!
3.      Dalam Persekutuan kita dengan masyarakat, teman sekolah atau kuliah dan sahabat-sahabat kita dengan baik
Nah maksudnya ialah Penginjilan tidak hanya harus jadi pendeta dulu, atau sekolah teologia, penginjilan yang efektif itu dengan ketiga hal ini. Dan cara ini bisa dialakukan dengan baik.dan orang akan melihat karakter Allah dalam diri kita lho!!!
Penutup:
Penginjilan itu tidak hanya harus pandai berkhotbah loh, dengan perbuatan kita, perkataan dan persekutuan kita dengan semua orang yang baik pun dapat membawa dampak yang luar biasa dan ketika orang yang tidak mengenal Tuhan bahwa hidup orang percaya demikian maka akan banyak orang yang bertobat dan itu pun suatu penginjilan lho. Ingat loh satu jiwa dimenangkan maka beribu malaikat disorga akan bersorak-sorai. Jadi ga usah takut lagi yah!!!!
Ayat Hafalan:
                                                                     Lukas 15: 10
“Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat”
Bahan Komsel Youth
                                                                                                Penyembahan
Worship For God
 (Mazmur 150:1-6)
Pendahuluan:
Alkitab mengajarkan bahwa kita harus memuji Tuhan setiap hari pada segala waktu. Daud memuji Allah 7 kali sehari. Dalam Ayat ini menyatakan bahwa semua yang bernafas memuji Tuhan. Namun masalahnya banyak sekali pemuda tidak mengalami sukacita dalam penyembahan.
Diskusi/Sharing
Menurut kalian apa seh arti penyembahan itu?...........................................................
Menurut anda, Apa seh alasan kita males untuk memuji Tuhan?
Lagunya Ga Enak seh, karena………………………………………………………………………..
Tidak terbiasa Neh , karena……………………………………………………………….
Memang seh dizaman sekarang banyak pemuda/i yang tidak memiliki antusiasme dalam menyembah Tuhan, karena sebenarnya Iblis pun tau bahwa iapun ingin disembah.
Jadi kenapa kita harus memuji Tuhan???
1.      Karena Allah patut menerima pujian dan penyembahan umatnya.
2.      Karena kita diciptakan untuk bersekutu dan memuliakan Tuhan.
3.      Alkitab sendiri yang menyuruh kita untuk memuji Tuhan.
4.      Allah mencari orang yang menyembah Dia dalam roh dan kebenaran.
Jadi menurut teman-teman dalam diri kita ini apa seh yang harus kita persiapkan lebih dahulu, Tubuh dulu baru roh atau roh dulu kemudian tubuh? Sebuttin donk menurut kalian.............
Penutup:
Kita harus memuji dan menyembah Tuhan dalam roh dan kebenaran (Yohanes 4:23-24). Kita harus mengijinkan Roh Kudus menguasai roh kita untuk dapat memuji dan menyembah Tuhan. Tanpa Roh maka penyembahan kita menjadi kering dan suam. Karena itu kita perlu dipenuhkan dengan Roh Kudus agar kita bisa menjadi pemuji dan penyembah sejati.
Ayat Hafalan:
                                                                    Mazmur 145:2                                            
“Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan hendak memuliakan nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya”


Bahan Komsel Youth
                                                                                                                  Persekutuan
Fellowship In Love
(Kisah Para Rasul. 1:14)
Pendahuluan:
Setelah kematian Tuhan Yesus. Para murid mulai mencari-cari apa yang harus dilakukan. Namun hal yang kemudian dilakukan adalah berkumpul disuatu tempat untuk bersekutu bersama. Dalam persekutuan itu juga disertai dengan kasih satu dengan yang lain tanpa melihat perbedaan antara mereka.
Diskusi/sharing
Menurut kalian persekutuan di dalam kasih itu apa si? .................................................................
Mengapa si persekutuan harus dengan kasih? ...............................................................................
Kasih seperti apa yang diharapkan dalam sebuah persekutuan? ...................................................
Perlu ga si persekutuan di dasari dalam kasih? ..............................................................................
Ya mungkin ga perlu tu! Karena ....................................................................................................
Ya iyalah perlu! Karena ..................................................................................................................

Emang si sekarang banyak anak muda yang ingin bersekutu,  tetapi persekutuan itu hanya sekedar sebagai suatu rutinitas ato kalao nga paling untuk ketumu pacar ato TTM disebuh persekutuan. Sehingga ya ada kita malah melupakan hal yang penting dalam sebuah persekutuan yaitu kasih. Tanpa kasih sebuah persekutuan tidak akan bermanfaat apa-apa.
Kenapa persekutuan dengan kasih perlu
1.  Persekutuan dengan kasih membawa hadirat Allah
2.  Persekutuan dengan kasih membawa sukacita
3.  Persekutuan dengan kasih membawa damai sejaterah

Nah jelaskan. Menurut teman-teman apa si yang utama hidup dalam persekutuan atau hidup dalam kasih? Beri pendapat yuk! ...................................................................................................................

Penutup
Persekutuan yang didasarkan dengan kasih akan menghasilkan sebuah persekutuan yang bukan biasa-biasa saja, tetapi laur biasa. Persekutuan yang didalamnya ada kasih akan membuat kita mau ker terhadp orang lain, maupu peduli, dan mau ikut merasakan apa yang sedang saudara kita atau orang lain hadapi. Dengan persekutuan yang didalamnya ada kasih juga akan membuat hidup kita penuh damai sejaterah.


Ayat Hafalan
Kis. 1:14b
“Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama”.




Bahan Komsel Youth
                                                                                                                  Pemuridan
Perilaku Murid Yang Dewasa
Efesus 4:17-32

Pendahuluan:
Pertumbuhan rohani tidak terjadi secara otomatis setelah kita lahir baru, tapi harus diupayakan. Kedewasaan rohani tidak diukur berdasarkan perubahan sikap dan perilaku. Perbuatan kita harus konsisten dengan pengakuan iman kita, dan keyakinan kita harus didukung dengan perilaku yang serupa dengan Kristus.
Diskusi/Sharing
Apa seh arti murid itu kalo kata teman-teman semua?
1...............................................
2................................................
3................................................
Menurut kalian neh, kira-kira bagaimana sikap orang yang sudah dewasa seh?
1..............................................................................................
2..............................................................................................
3..............................................................................................
Ketika kita ditebus oleh pengorbanan Kristus kita harus senatiasa berubah dan menjadi seorang yang dewasa, ada beberapa hal cara kita untuk menjadi seorang murid yang dewasa?
1.Tinggalkanlah cara hidup lama kita.
2.Baharuilah cara pikiran kita.
3.Fokuskanlah kepada kehendak Allah dalam hidupmu.
Nah, kalo begitu Dalam ayat tersebut dalam Efesus 4:17-32. Perilaku “manusia lama” apa sajakah yang harus dibuang dari hidup kita?
..................................................................................................................................................................................................................................................................
Perilaku “manusia baru” apa sajakah yang harus makin nampak terlihat dalam hidup kita?
..................................................................................................................................................................................................................................................................

Penutup:
Brur and sister, ayo donk kita jadi murid yang dewasa dalam segala tindakan dan pemikiran kita donk! Ingatlah pengorbanan Kristus di atas kayu salib, oleh sebab itu marilah kita berdoa kepada Tuhan, agar kita diberi kuasa Roh Kudus untuk mendisiplinkan diri sendiri dalam membuang perilaku yang tidak berkenan kepada Allah dan makin memiliki karakter ilahi.


Ayat hafalan:
Roma 12:2
“Janganlah kamu serupa akan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

2 komentar:

  1. hahahaha bagus2 bahannya... tapi ngga bisa dicopast, mau dibagiin ke anak2 youth digereja aku.. tapi txu buat sharenya... Godbless

    BalasHapus
  2. bahannya bagus..., tapi apa gunanya klo gak isa dibagikan sama orang lain. Heh, anak Tuhan gak boleh kikir. Orang kikir gak masuk surga

    BalasHapus